Thursday, April 6, 2017

Strategi Pembelajaran (Maccam-macam Topik)

TUGAS STRATEGI PEMBELAJARAN


Related image



Oleh :
Wulan Juliani 
201410080311051




PENDIDIKAN BAHASA, SASTRA INDONESIA, DAN DAERAH
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
2015/2016


PENDAHULUAN

Dalam permainan ini guru menggunakan strategi pembelajaran dengan cara menginspirasi siswa untuk mampu berperan aktif bekerjasama dengan kelompok yang telah dibentuk dan menyebutkan kosa kata yang berhubungan dalam gambar yang ada di kartu tersebut. Strategi pembelajaran adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki seorang tenaga pendidik dalam memberikan pembelajaran. Karena, strategi yang menarik akan membuat siswa menjadi gampang menerima pembelajaran dan cepat menerima materi yang disampaikan oleh tenaga pendidik. Kartu kosa kata adalah sebuah strategi yang di berikan guru kepada siswa agar siswa mampu memiliki kesempatan untuk lebih berpartisipasi dalam perminan yang diadakan secara berkelompok ini. Dalam permainan ini, siswa mampu menghafal kosakata yang di berikan guru dengan cara tebak gambar. Jadi di dalam kelas di bagi 2 kelomppok, kemudian guru memberikan beberapa kosakata kemudian siswa disuruh menghafal kosakata tersebut. Setelah itu, baris yang paling depan maju untuk membuka gamabar pada tengah-tengah kedua baris tersbut. Setelah membuka kartu dan tidak bisa menjawab akan beralih ke baris lawan dan yang menjawab tadi akan mundur dan dilakukan secara bergantian samapai ada yang bisa menjawab secara tepat. Hal ini demikian membuat skelas menjadi efektif dalam penghafalan kosakata dan membuat kelas menjadi kelas yang menyenangkan bagi siswa.

Topik: Simple Future Tense
Dalam strategi ini menggunakan cara menginspirasi siswa dengan menggunakan media gambar dan pengimajinasian masa depan siswa. Ada sebuah gambar warna diberikan kepada setiap siswa dan ditempelkan pada papan. Kemudian gambar tersebut dicermati oleh setiap siswa. Kemudian siswa menyiapkan kertas. Dari setiap gambar terbut siswa membuat cerita tersebut yang berkaitan dengan cita-cita sesuai gamabr tersebut. Hal ini dapat membuat siswa terinspirasi dari gambar dan siswa-siwa dapan berimajinasi tentang masa depan apa yang harus dia cita-citakan. Dari media gambar tersbut akan merangsang pertumbuhan imajanasi siswa dan apa yang harus mereka lakukan untuk masa depan mereka.

Topik: Cause and Effect
Strategi Money Game adalah strategi yang dibuat oleh seorang guru dengan cara membuat permainan yang hasil akhir siswa akan mendapatkan hadiah berupa uang. Permainan tersebut dikaitkan dengan materi yang akan diajarkan, misalkan pada saat guru menjelaskan tentang kalimat. Untuk menguji pemahaman semua siswa, guru membuat strategi dengan cara membuat permainan yaitu Money Game. Langkah-langkah dalam membuat permainan tersebut yaitu seorang guru harus menyiapkan alat berupa, spidol, isolasi, uang kecil Rp. 5.000. Pertama guru menempel uang pada papan tulis dan menyiapkan 4 spidol, yang kedua guru membagi seluruh siswa menjadi 4 kelompok, yang ketiga guru menjelaskan intruksi yaitu setiap kelompok harus berbaris menjadi 4 banjar. Kemudian, pada baris pertama harus menuliskan contoh dari kalimat efektif yang benar. Kemudian contoh dari perwakilan kelompok akan dikoreksi satu persatu oleh guru. Jika contoh yang dituliskan itu benar, maka kelompok yang menuliskan akan maju satu langkah untuk mendekat pada papan yang ditempelkan uang tersebut, jika contoh yang dituliskan salah, maka akan mundur satu langkah. Dan apabila ada kelompok yang bisa membenarkan contoh kalimat kelompok lain yang salah menjadi benar maka akan maju 2 langkah, namun jika membenarkan tetapi tetap salah, akan mundur dua langkah. Hal ini akan membuat guru lebih mudah mengeahui murid yang benar-benar paham dan murid yang belum paham dalam penguasaan materi tentang kalimat efektif.

Topik: Red Cards

Metode yang digunakan yaitu menggunakan  metode pembelajaran inovatif dimana dalam strategi ini menjadikan siswa mampu mengucapkan dan berbicara bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Metode ini menggunakan strategi game yang bernama ‘redcard’ yang akan diberikan kepada siswa yang melakukan pelanggaran atau kesalahan dalam menggunakan berbahasa. Peran guru yaitu mengawasi siswa dalam menggunakan bahasa, serta mampu menjadikan siswa untuk lebih baik lagi dalam menggunakan bahasa dengan baik dan benar. Keunggulan metode ini yaitu dengan mengetahui mana bahasa baik dan tidak baik maka siswa akan mampu menggunakan bahasa sesuai dengan aturan dan struktur yang benar. Jika ada kesalahan kosakaa maka siswa akan dikenakan red card yang berupa PR (Pekerjaan Rumah). Sejauh ini memang peran guru dalam pembelajaran bermedia game masih sedikit yang dilakukan. Hal ini dikarenakan kurang pengetahuan guru dalam media pembelajaran game ini dan juga guru masih berkomitmen pada acuan-acuan pengajaran yang lama. Dengan demikian, siswa merasa bosan dan monoton sehingga hasil belajar yang di impikan tidak sesuai dengan keinginan guru. Jadi sebagai calon guru yang professional , kita harus pandai-pandai mengolah kelas dan teknik-teknik pembelajaran agar siswa betah dalam kelas dan menghasilkan nilai yang memuaskan guru-guru.

No comments:

Pidato mengenai Krisis Pengolahan Sampah

Krisis Pengolahan Sampah  Assalamu’alaikum.wr.wb Yang saya hormati, Bapak dosen pengampu mata kuliah Retorika Bapak Arif Setiawan ...